Teknologi Informasi Dan Komunikasi  (TIK) merupakan payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi.  Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga “logika” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat diartikan teknologi merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain. 

Unit Pelaksana Teknis Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi (UPT-TIK) yang  ada  pada Politeknik Negeri Indramayu (POLINDRA) mencakup 2 (dua) aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, yang mana meliputi:

  1. Teknologi informasi adalah segala hal-hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan informasi.
  2. teknologi komunikasi adalah segala sesuatu atau hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

Sejalan dengan perkembangan sistem akademik dan pengembangan Politeknik Negeri Indramayu, UPT-TIK akan terus melakukan mengembangkan, menyempurnakan dan mengevaluasi program-program yang telah dikembangkan oleh Pengembang TIK. Program pengembangan yang akan dilaksanakan meliputi: pengembangan sistem informasi yang melibatkan semua aspek baik itu dari keuangan sampai ke manajemen data serta sistem tata kelola, dan sistem pendukung TIK yang terdiri dari pengembangan infrastruktur dan sarana prasarana TIK sesuai dengan kebutuhan sivitas akademika Politeknik Negeri Indramayu.